A. Pengertian Metode Muhadatsah

Muhadatsah merupakan praktek apa yg kita menggunakan atau simak secara fasif. Muhadatsah jua adalah kecakapan mengutarakan suatu kalimat berdasarkan butir pikiran dan perasaan menjadi respon seorang mustami' terhadap sậmi'i. Fasih dalam berbicara, Memiliki bunyi yg nyaring dan kentara,Kaya akan bahasa,Pintar memakai Adawat Istifham, Mampu memotivasi murid, Menentukan judul yg sinkron menggunakan materi & kemampuan peserta didik. Menghadirkan alat Bantu ataupun media yang bisa membantu kelancaran penyampaian materi. Penjelasan makna kalimat-kalimat yang baru. Guru bertanya seputar materi. Pemberian petunjuk menurut tiap pertanyaan siswa. Memberikan judul materi muhadatsah dan semua siswa aktif membahas materi tersebut. Pengajar menyuruh siswa mencatat materi dan kaidah bahasa yg telah dipelajari ke dalam buku catatan mereka.

Kaitannya menggunakan metode muhadatsah, adalah salah  satu metode pembelajaran pada bentuk interaksi Tanya jawab yg bertujuan bagaimana siswa pribadi mengaktualisasikan apa yang ia pelajari secara ekspresi.

Dalam aplikasi metode ini, perlu diperhatikan beberapa hal di antranya:
  1. Pelaksanaan metode muhadatsah ini  tidak dan merta menekankan dalam penyebutan kaidah bahasa yg permanen, akan tetapi proses seperti itu bertahap. Langkah awal menaruh kesempatan bagi siswa berani berbicara tanpa terikat oleh struktur, tetapi pada proses pembelajaran diselingi menggunakan kaidah bahasa yang membantu pada percakapan.
  2. Pelaksanaan metode ini menekankan asas keefektifan. Efektif merupakan aktif, siswa bisa mengungkap atau mengucapkan bahan ajar secara pribadi sinkron dengan bahasa mereka.

B. Tekhnik Pelaksaan Metode Muhadatsah

Dalam pelaksanaan metode ini, terdapat 2 hal yg dapat dilakukan yaitu:
  1. Latihan ucapan. Latihan ucapan  bertujuan konsep dasar dalam pelaksanaan metode ini. Latihan ini dimaksudkan buat penguasaan rapikan suara yg baik & benar. Karena dala bahasa Arab beda bunyi beda juga adalah. Bunyi bahasa yg galat bisa mengakibatkan misunderstanding dalam berkomunikasi.
  2. Latihan dominasi verbal. Latihan ini menjadi tindak lanjut menurut latihan ucapan. Dalam hal ini peserta didik diperlukan bisa membicarakan butir pikiran & perasaan secara ekspresi (verbal).

C.Keunggulan dan Kelemahan Metode Muhadatsah

1. Keunggulan metode muhadatsah
  • Dapat mengaktualisasikan isi materi secara langsung.
  • Menimbulkan keberanian pada bermuhadatsah.
2. Kelemahan Metode Muhadatsah
  • Metode muhadatsah dipergunakan dalam level tertentu.
  • Kurangnya dominasi guru terhadap metode ini, dalam umunya pengajar pada Indonesia memakai metode usang (Qawaid tarjamah).

D. Aspek Evaluasi  Metode Muhadatsah

Penilaian bukan semata-mata buat mengukur dan menaruh angka pada suatu kegiatan belajar, namun evaluasi diartikan menjadi upaya pemugaran mutu & prestasi belajar pada strata selanjutnya, pula buat mempertinggi semangat belajat pesera didik.  Penilaian pula dimaksudkan menjadi bahan penilaian seorang pengajar. Apakah metode dan taktik yg beliau terapkan sinkron menggunakan kemampuan siswa.
Adapun aspek evaluasi dalam metode muhadatsah yaitu:
1.  Aspek Bahasa. Dalam aspek bahasa yang menjadi objek evaluasi yaitu: 
  • Pengucapan atau vokal
  • Tekanan Suara
  • Penggunaan nada maupun irama suara
  • Penggunaan bentuk dan susunan kata
2. Aspek Non Bahasa. Aspek non bahasa yang menjadi aspek penilaian meliputi:
  • Keberanian
  • Kelancaran
  • Keterampilan
  • Semangat atau spirit
  • Ketertiban atau keteraturan